Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepakbola Mahasiswa Kelas 1F PGSD Guru Kelas STKIP Santu Paulus Ruteng Melalui Pendekatan Taktik Bermain

Adam, gervasius (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepakbola Mahasiswa Kelas 1F PGSD Guru Kelas STKIP Santu Paulus Ruteng Melalui Pendekatan Taktik Bermain. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gervasius-adam-12711251046.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar sepakbola mahasiswa tingkat I PGSD Guru Kelas STKIP Santu Paulus Ruteng melalui pendekatan taktik bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus, menggunakan desain Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas IF PGSD Guru Kelas STKIP Santu Paulus Ruteng Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah angket pre test dan pos test, lembaran pengamatan Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan taktik bermain yang di padukan dengan permainan lempar tangkap bola dapat meningkatkan hasil belajar dan minat sepakbola mahasiswa kelas IF PGSD Guru Kelas STKIP Santu Paulus Ruteng. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai mahasiswa secara klasikal megalami peningkatan yaitu terlihat dari pratindakan 30 orang (50,84%) naik menjadi 39 orang (67%) pada siklus I dan pada siklus II menjadi 45 orang (76%) yang tuntas/lulus dengan mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu 60. Dari data angket diperoleh hasil pos tes cenderung lebih baik dibanding pre test. Data pos test menunjukkan bahwa setelah mahasiswa mengikuti pembelajaran sepakbola dengan pendekatan taktik bermain yang dipadukan dengan permainan lempar tangkap bola dari 59 mahasiswa menyatakan bahwa: (1) 100% pengetahuan mahasiswa tentang permainan sepakbola baik dan sangat baik, (2) 100% mahasiswa berminat dan sangat berminat, (3) 91,51% mahasiswa senang dan sangat senang terhadap permainan sepakbola, (4) 100% mahasiswa merasa sepakbola bermanfaat dan sangat bermanfaat, (5) 94,90% mahasiswa merasa sepakbola perlu dan sangat perlu diajarkan, (6) 91,51% mahasiswa merasa permainannya menarik dan sangat menarik, (7) 100% mahasiswa setuju dan sangat setuju pendekatan taktik bermain digunakan sebagai metode dalam pembelajaran sepakbola, dan (8) 89, 82% mahasiswa menyatakan bahwa pendekatan taktik bermain yang dipadukan dengan permainan lempar tangkap bola dapat mempermudah belajar permainan sepakbola.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Sepakbola, Pendekatan Taktik Bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 19 May 2016 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item