Pengembangan Model Permainan Adventure Untuk Meningkatkan Kinestetik Anak Usia Dini

hidasari, fitriana putri (2014) Pengembangan Model Permainan Adventure Untuk Meningkatkan Kinestetik Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitrianan-puspa-hidasari-12711251062.swf

Download (96MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan adventure untuk meningkatkan kinestetik anak usia dini. Pengembangan model ini diharapkan menjadi model yang baik dan efektif. Dalam penelitian pengembangan, langkah-langkah yang harus ditempuh meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) ujicoba awal, (5) revisi untuk menyusun produk utama, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi untuk menyusun produk operasional, (8) uji coba produk operasional, (9) revisi produk final, dan (10) diseminasi dan implementasi produk. Uji coba penelitian dilakukan terhadap tiga sekolah TK yang terdapat siswa berusia 4-6 Tahun. Uji coba skala kecil dilakukan kepada 17 siswa My Little School Sleman. Uji coba skala besar dilakukan kepada 42 siswa di My Little School, Wijayadanu, dan Masyitoh 4. Instrumen pengumpul data penelitian terdiri dari 6 instrumen meliputi faktor desain model permainan dan materi dalam permainan adventure untuk meningkatkan kinestetik anak usia dini. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil akhir dari penelitian adalah sebuah produk berupa model permainan adventure untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak usia dini. Permainan adventure adalah sebuah model permainan yang didesain untuk anak-anak usia dini dengan spesifikasi usia 4-6 tahun, permainan ini menerapkan konsep-konsep dari sebuah kegiatan adventure yaitu: (1) penjelajahan/perjalanan, (2) eksplorasi lingkungan, (3) konsep luar ruangan, (4) keberanian dan berjuang, (5) adanya penemuan, (6) memberi pengalaman, dan (7) halang rintang. Model permainan adventure untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak usia dini dikemas kedalam sebuah buku manual dan didampingi dengan Digital Versatile Disc (DVD). Pada akhir tahap penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan adventure untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak usia dini sangat baik dan efektif, sehingga model permainan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model, Adventure, Kinestetik, Anak usia dini (4-6 Tahun)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 08 May 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item