Model Permainan Tematik Integratif untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani, Mengenal Huruf dan Angka pada Anak Taman Kanak-Kanak

Asriansyah, Asriansyah (2014) Model Permainan Tematik Integratif untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani, Mengenal Huruf dan Angka pada Anak Taman Kanak-Kanak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asriansyah-12711251039.swf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model-model permainan bagi anak taman kanak-kanak untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengenal huruf, dan angka. Permainan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai pendekatan pembelajaran bermain sambil belajar yang menyenangkan di taman kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengikuti langkah-langkah menurut Sugiyono (2010: 409-426) sebgai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4), validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Uji coba skala kecil dilakukan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Karangmalang kelompok B berjumlah 25 anak. Uji coba skala besar dilakukan di Taman Kanak-kanak Nasional Samirono kelompok B berjumlah 18 anak dan Taman Kanak-kanak Kartini Karanggayam kelompok B berjumlah 19 anak. Instrumen pengumpulan data yakni: (1) pedoman observasi permainan, (2) pedoman observasi keefektifan permainan, dan (3) skala nilai. Teknik anlisis data yang dilakukan yakni analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yakni berupa CD dan buku panduan permainan tematik integratif untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengenal huruf dan angka pada anak taman kanak-kanak, yang menghasilkan enam macam model permainan tematik integratif yakni (1) permainan Kupu-kupu Terbang (mengenal huruf), (2) permainan Lompat Kelinci (mengenal angka), (3) permainan Pesawat Terbang (mengenal huruf), (4) permainan Lompat Balok (mengenal angka), (5) permainan Ular dan Katak (mengenal huruf), dan (6) permainan Jalan Kepiting (mengenal angka). Berdasarkan hasil penilaian dari para pakar dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan tematik integratif yang didesain berkategori sangat baik, sehingga model permainan tematik integratif telah layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan, kebugaran jasmani, huruf, angka
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item