Pengembangan Model Permainan Motorik Kasar Anak Taman Kanak- Kanak

Priambadha, Aprida Agung (2014) Pengembangan Model Permainan Motorik Kasar Anak Taman Kanak- Kanak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aprida-agung-priambadha-1071125001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan motorik kasar bagi siswa TK. Permainan yang dikembangkan ditujukan agar dapat digunakan guru TK sebagai salah satu bentuk pembelajaran aktivitas motorik yang menyenangkan bagi anak. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983: 775) sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) analisis hasil studi pendahuluan, (3) mengembangkan produk awal (4) pra ujicoba produk dan revisi, (5) ujicoba skala kecil dan revisi, (6) ujicoba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Pra ujicoba dilakukan terhadap siswa kelas B1 dari TK ABA Karanganyar Mergangsan Yogyakarta berjumlah 12 anak. Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas B2 dan B3 TK ABA Karanganyar Mergangsan Yogyakarta dengan jumlah 20 anak. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas B1 dan B2 dari TK ABA Karangkunthi Mergangsan Yogyakarta yang berjumlah 30 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) pedoman observasi permainan, (3) pedoman observasi keefektifan permainan, dan (4) instrumen penilaian anak. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model permainan motorik kasar bagi siswa taman kanak-kanak, yang berisikan delapan permainan, yaitu: (1) permainan menanam biji tanaman, (2) permainan pindah bendera, (3) permainan lempar sasaran, (4) permainan tendangan super, (5) permainan harimau mencari mangsa, (6) permainan bola berantai, (7) permainan jalan kayang tulis nama, dan (8) permainan balap mobil. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa model permainan motorik kasar bagi siswa TK, baik dan efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak dan mentransfer tujuan dalam tiap permainan. Model-model permainan disusun sesuai panduan kurikulum TK 2010; sesuai dengan karakteristik siswa TK; membuat anak gembira, mudah bagi anak, dan aman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Permainan, kebugaran jasmani, huruf, angka
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item