Pengaruh Metode Pembelajaran (TGFU dan Skill Theme) dan Modifikasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Strategi Bermain dan Kerjasama) di SMA Negeri 1 Bandongan

Syarif, Ahmad (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran (TGFU dan Skill Theme) dan Modifikasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Strategi Bermain dan Kerjasama) di SMA Negeri 1 Bandongan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-syarif-12711251038.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan:(1) pengaruh antara metode pembelajaran TGFU dan metode pembelajaran Skill Theme terhadap peningkatan strategi bermain dan kerjasama, (2) pengaruh antara modifikasi sarana dan prasarana dan konvensional terhadap peningkatan strategi bermain dan kerjasama, dan (3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran (TGFU dan Skill Theme) dengan modifikasi sarana dan prasarana dan konvensional terhadap peningkatan strategi bermain dan kerjasama. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA Negeri 1 Bandongan. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 orang, dikarenakan dalam penelitian ini menggunakan sampel yang sama pada setiap kelompok perlakuan, maka diambil sampel utama dengan jumlah 16 orang, yang selanjutnya akan menjalani 4 bentuk perlakuan yang berbeda. Kelompok pertama diberi perlakuan metode pembelajaran teaching games for understanding dengan sarana dan prasarana secara konvensional, kelompk kedua diberi perlakuan metode pembelajaran skill theme dengan sarana dan prasarana secara konvensional, kelompok ketiga diberi perlakuan metode pembelajaran teaching games for understanding dengan modifikasi sarana dan prasaranadan kelompok keempat diberi perlakuan dengan metode pembelajaran skill theme dengan modifikasi sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Teknik pengukuran digunakan untuk mengetahui pemulihan asam laktat dan denyut jantung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran teaching games for understanding dan metode pembelajaran Skill Theme terhadap peningkatan strategi bermain dan kerjasama, adapun dalam meningkatkan strategi bermain dan kerjasama metode pembelajaran skill theme lebih efektif dalam meningkatkan strategi bermain dan kerjasama jika dibandingkan metode pembelajaran teaching games for understanding, (2) ada perbedaanpengaruh yang signifikan antara modifikasi sarana dan prasarana dan konvensional terhadap peningkatan strategi bermain dan kerjasama,modifikasi sarana dan prasarana lebih efektif dalam meningkatkan strategi bermain dan kerjasama, dan (3) Ada interaksi antara metode pembelajaran (teaching games for understanding dan Skill Theme) dengan modifikasi sarana dan prasarana dan konvensional terhadap peningkatan strategi bermain dan kerjasama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teaching games for understanding, skill theme, sarana dan prasarana, strategi bermain, kerjasama
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item