Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes Berbasis Permainan bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 Kecamatan Gantiwarno Klaten

Widodo, Agung (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes Berbasis Permainan bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 Kecamatan Gantiwarno Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agung-widodo-11711251040.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran tematik integratif Penjasorkes berbasis permainan bagi siswa sekolah dasar kelas 1 Kecamatan Gantiwarno Klaten yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk siswa sekolah dasar kelas 1 di Kecamatan Gantiwarno Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap penelitian pendahuluan terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri perencanaan, validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Validasi melibatkan 3 orang ahli. Uji skala kecil dilakukan terhadap 16 siswa kelas 1 dan 2 orang guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantiwarno Klaten. Uji skala besar dilakukan terhadap dua kelas yang masing-masing terdiri dari 26 siswa kelas 1 dan 3 orang guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantiwarno dan Sekolah Dasar Negeri Ngandong 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Analisis data pada tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran tematik integratif Penjasorkes Berbasis permainan bagi siswa sekolah dasar kelas 1 Kecamatan Gantiwarno Klaten, yang berupa permainan Meriam Bola. Model disusun dalam buku petunjuk dengan judul “model permainan integratif bagi siswa sekolah dasar kelas 1”. Berdasarkan penilaian para ahli, isi materi sangat baik, bahasa sangat baik, dan format penulisan sangat baik. Pada uji skala kecil secara substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik. Pada uji skala besar aspek substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik, sehingga dihasilkan model yang layak untuk digunakan. Hasil uji beda terhadap pemerolehan hasil belajar siswa (rata-rata nilai pertemuan ketiga lebih besar dari rata-rata nilai pertemuan pertama), maka dapat disimpulkan model pembelajaran tematik integratif penjasorkes Berbasis permainan bagi siswa sekolah dasar kelas 1 Kecamatan Gantiwarno Klaten efektif untuk meningkatkan sikap mentaati peraturan (sikap), kemampuan membilang banyak benda dan memahami petunjuk (pengetahuan), serta keterampilan melempar dan menangkap (keterampilan).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, permainan, sekolah dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item