Pengembangan Model “KRIBO” untuk Latihan Power Tungkai Atlet Atletik Nomor Lompat Jauh dan Sprinter Siswa Kelas Olahraga Tingkat SMP

Ismadraga, afristian (2014) Pengembangan Model “KRIBO” untuk Latihan Power Tungkai Atlet Atletik Nomor Lompat Jauh dan Sprinter Siswa Kelas Olahraga Tingkat SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-afristian-ismadraga-12711251001.swf

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya variasi model latihan yang kreatif dan inovatif menjadi permasalahan awal dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan “KRIBO” (kreatif dan inovatif dengan bola) untuk melatih power tungkai atlet atletik nomor lompat jauh dan sprinter tingkat SMP. Model latihan “KRIBO” yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh pelatih atletik sebagai salah satu bentuk model latihan yang baik dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produkawal (4) validasi ahli (5) revisi hasil ujicoba (6) ujicoba lapangan utama (7) revisi terhadap produk (8) melakukan ujicoba lapangan operasional (9) revisi produk akhir (10) desiminasi dan implementasi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas Olahraga kelas IX SMP N 1 Ngawen yang berjumlah 10 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas Olahraga kelas IX SMP N 1 Ngawen dan SMP N 1 Playen, yang berjumlah 20 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model latihan “KRIBO” (kreatif dan inovatif dengan bola) untuk melatih power tungkai atlet atletik nomor lompat jauh dan sprinter tingkat SMP yaitu: (1) lempar bola target, (2) bermain lempar tangkap, (3) bermain mengambil harta karun, (4) tangkap bola gila, (5) lempar bola spiderman, (6) tangkap bola pantul, (7) bola kankir, (8) bola berduk, (9) bola pantul zig-zag, (10) bola sundamanda, (11) giring bola, (12) bola karet. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner anak, dapat ditarik kesimpulan bahwa model latihan “KRIBO” (kreatif dan inovatif dengan bola) untuk melatih power tungkai atlet atletik nomor lompat jauh dan sprinter tingkat SMP ini dinilai baik dan efektif, dan respon siswa yang menjadi sampel memberikan respon yang positif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model latihan, “KRIBO
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11850

Actions (login required)

View Item View Item