Pengaruh Subject Specific Pedagogy Tematik Integratif Terhadap Peningkatan Karakter Kedisiplinan, TanggungJawab, dan Kepedulian Siswa Kelas I SD Negeri 01 Singkawang Tengah Kalimantan Barat

Maulida, maulida (2014) Pengaruh Subject Specific Pedagogy Tematik Integratif Terhadap Peningkatan Karakter Kedisiplinan, TanggungJawab, dan Kepedulian Siswa Kelas I SD Negeri 01 Singkawang Tengah Kalimantan Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maulida-12712251044.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh subject spesific pedagogy (SSP) tematik integratif dalam pembelajaran terhadap peningkatan: (1) karakter kedisiplinan, (2) karakter tanggung jawab, dan (3) karakter kepedulian siswa kelas I SD Negeri Singkawang Tengah Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas I SD Negeri 01 Singkawang Tengah Kalimantan Barat pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi. Kelas eksperimen I yaitu kelas IA (n=30) dengan menggunakan SSP tematik integratif,kelas eksperimen II yaitu kelas IC dengan menggunakan SSP tematik integratif (n=27), dan kelas kontrol yaitu kelas IB (n=36) dengan pembelajaran kovensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Data karakter kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian dikumpulkan dengan pedoman observasi karakter kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA kemudian dilanjutkan dengan uji tukey dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini ,menunjukan bahwa: (1) SSP tematik integrative berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter kedisiplinan siswa. Rerata peningkatan karakter kedisiplinan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan SSP tematik integrative lebih besar dari siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan guru. (2) SSP tematik integrative berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter tanggung jawab siswa. Rerata peningkatan karakter tanggung jawab siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan SSP tematik integrative lebih besar dari siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan guru.(3) SSP tematik integrative berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter kepedulian siswa. Rerata peningkatan karakter kepedulian siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan SSP tematik integratif lebih besar dari siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan guru. Hasil uji lanjut/uji tukey menunjukan bahwa terdapat perbendaan yang signifikan karakter kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian siswapadakelaseksperimen I dankelaseksperimen II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP tematik integratif, kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian.
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item