Pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) Tematik Terhadap Peningkatan Karakter Kejujuran dan Disiplin Peserta Didik Kelas I SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare

Masnur, masnur (2014) Pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) Tematik Terhadap Peningkatan Karakter Kejujuran dan Disiplin Peserta Didik Kelas I SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-masnur-12712251029.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) tematik dan pembelajaran tematik yang tidak menggunakan SSP tematik terhadap peningkatan karakter kejujuran dan disiplin peserta didik pada tema peristiwa alam semester genap kelas I SDN di Kecamatan Ujung kota Parepare tahun ajaran 2013/2014. Penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent groups pretest-posttest design ini mengandung satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah Subject Specific Pedagogy (SSP) tematik sedangkan variabel terikat adalah karakter kejujuran dan disiplin. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Sampel dipilih dengan tekhnik purposive sampling, sehingga didapat tiga kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan SSP tematik, dan kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran tematik yang tidak menggunakan SSP tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan teknik observasi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui nilai karakter kejujuran dan disiplin peserta didik. Teknik observasi digunakan untuk mengungkap perilaku karakter kejujuran dan disiplin peserta didik. Teknik analisis data digunakan adalah Analysis of Variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini adalah SSP tematik secara signifkan berpengaruh positif terhadap peningkatan karakter kejujuran peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran tematik yang tidak menggunakan SSP tematik diperoleh p < α yaitu p = 0,000 < α = 0,05 dengan F = 27,890; dan karakter disiplin peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran tematik diperoleh p < α yaitu p = 0,000 < α = 0,05 dengan F= 9,294.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy tematik, kejujuran, disiplin
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item