Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SDN Pangen Gudang Purworejo

Saputro, hengkang bara (2014) Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SDN Pangen Gudang Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hengkang-bara-saputra-12712251039.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik berbasis pendidikan karakter, mengetahui kelayakan media komik berbasis karakter, dan mengetahui keefektifan media komik berbasis karakter terhadap pengembangan karakter siswa kelas IV SDN Pangen Gudang Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, akan tetapi dalam penelitian ini terdapat modifikasi pada sub-sub setiap langkahnya. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pangen Gudang Purworejo yang berjumlah 35 siswa dengan rincian: 6 siswa untuk uji coba terbatas dan 29 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, serta angket (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif, 2) media komik yang dikembangkan ditinjau dari variabel kualitas aspek media dan aspek materi menurut ahli, menurut guru, dan hasil respon siswa berkategori sangat baik, 3) pembelajaran dengan media komik yang dikembangkan efektif meningkatkan nilai karakter siswa. Peningkatan karakter disiplin siswa masuk dalam kategori sedang dengan nilai gain score sebesar 0,62 dan peningkatan karakter tanggung jawab siswa masuk dalam kategori sedang dengan nilai gain score sebesar 0,66. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media komik hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran tematik-integratif dan efektif untuk meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV SDN Pangen Gudang Purworejo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media komik, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item