Pengaruh Subject Specific Pedagogy Tematik Integratif Terhadap Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa kelas III SD Se-gugus 2 Kecamatan Banguntapan

Apriani, an-nisa (2014) Pengaruh Subject Specific Pedagogy Tematik Integratif Terhadap Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa kelas III SD Se-gugus 2 Kecamatan Banguntapan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-an-nisa-apriani-12712251038.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan SSP Tematik Integratif terhadap: 1) penanaman karakter disiplin dan 2) tanggung jawab siswa kelas III SD se-gugus 2 Kecamatan Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD se-gugus 2 kecamatan Banguntapan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak tiga kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga ditetapkan kelas III A SD Sokowaten Baru sebagai kelompok kontrol, kelas III SD Banguntapan sebagai kelompok eksperimen I, dam kelas III B SD Sokowaten Baru sebagai kelompok eksperimen II. Kelompok kontrol berjumlah satu kelas diberi pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran tematik sedangkan kelompok eksperimen berjumlah dua kelas diberi perlakuan menggunakan SSP tematik integratif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Pedoman observasi digunakan untuk mengetahui perilaku siswa yang menunjukkan karakter disiplin dan tanggung jawab sebelum perlakuan (pretest), selama perlakuan, dan sesudah perlakuan (posttest). Untuk memperoleh keabsahan data, instrument divalidasi dengan teknik expert judgement, sedangkan reliabilitas instrument menggunakan teknik Borich. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anova satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitiaan ini menunjukkan hasil sebagai berikut. 1) SSP tematik integratif berpengaruh signifikan terhadap penananaman karakter disiplin. Hasil uji Anova pada skor posttest karakter disiplin antara kelompok kontrol, eksperimen I, dan eksperimen II menunjukkan bahwa nilai F sebesar 18,173 dengan db 86 dan taraf signifikansi 0,00. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. 2) SSP tematik integratif berpengaruh signifikan terhadap penanaman karakter tanggung jawab antara kelompok kontrol, eksperimen I, dan eksperimen II. Hasil uji Anova pada skor posttest karakter tanggung jawab menunjukkan bahwa nilai F sebesar 17,809 dengan db 86 dan taraf signifikansi 0,00. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa SSP tematik integratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SD Se-gugus 2 Kecamatan Banguntapan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP Tematik Integratif, Karakter disiplin dan tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item