Pengembangan Multimedia Pembelajaran Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan (AB-MHPP) bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Sumarsih, sumarsih (2013) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan (AB-MHPP) bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumarsih-08707254002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia berupa CD pembelajaran Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan (AB-MHPP) yang layak bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FE, UNY. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran AB-MHPP, serta keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek ujicoba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FE, UNY, yang didahului dengan telaah ahli media dan materi. Ujicoba dilakukan tiga kali, yaitu ujicoba individu (3 orang), ujicoba kelompok kecil (10 orang), dan ujicoba kelompok besar (30 orang). Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif pada setiap tahap pengembangan, dan dilanjutkan analisis inferensial untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan multimedia pembelajaran AB-MHPP diawali dari: a) menganalisis kebutuhan; b) memilih materi dan program komputer; c) menentukan kelayakan dari aspek pembelajaran, materi, dan media. (2) Multimedia pembelajaran AB-MHPP dapat dinyatakan layak ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media. (3) Multimedia pembelajaran AB-MHPP efektif untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi biaya metode harga pokok pesanan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran AB-MHPP
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item