Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII

Rahmawati, maria magdalena emy (2013) Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-magdalena-emy-rahmawati-11707251006.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode ceramah dan presentasi, (2) perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar berbeda (visual, auditori, dan kinestetik), (3) pengaruh antara metode pembelajaran mind mapping dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Santa Maria Fatima pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dengan teknik undian, diperoleh dua kelas yaitu VIIA dan VIIB. Jumlah siswa pada kelas VIIA adalah 40 siswa sedangkan pada kelas VIIB adalah 38 siswa. Dalam proses pembelajaran, kelas eksperimen yaitu VIIA menggunakan metode mind mapping dan kelas kontrol yaitu VIIB menggunakan metode ceramah dan presentasi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes identifikasi gaya belajar dan tes pemahaman konsep siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan bantuan program SPSS 16 for Windows, dengan uji Anova pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode ceramah dan presentasi. (2) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. (3) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran mind mapping dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, gaya belajar, pemahaman konsep siswa
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item