Pengembangan Media Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Fisika di SMA

Marsana, edi (2013) Pengembangan Media Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Fisika di SMA. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-edi-marsana.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan sebuah software pembelajaran berbasis komputer untuk pembelajaran fisika bagi siswa SMA kelas XI IPA, dan 2) mengukur kualitas software multimedia berbasis komputer yang dikembangkan untuk pembelajaran fisika bagi siswa SMA kelas XI IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui pengembangan produk media berbantuan komputer mata pelajaran Fisika, dan uji produk. Penelitian ini melibatkan 47 orang responden yakni 1 orang ahli media dari LPMP DIY, 1 orang ahli materi FMIPA UNY, 3 orang siswa uji satu-satu (one-to-one evaluation), 12 orang uji kelompok terbatas (small-group evaluation) dan 30 orang siswa uji produk kelompok besar/lapangan (field trial). Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kalasan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Checklist, pengamatan, review, uji produk dan pretes/postes. Cheklist digunakan untuk mengungkap tanggapan siswa terhadap produk media berbantuan komputer mata pelajaran Fisika khususnya pada materi pokok Dinamika dan Kinematika kelas XI. Review dilakukan oleh ahli materi dan media, serta dilengkapi dengan wawancara. Pretes dan postes dilakukan untuk mengungkap tingkat keefektifian produk. Jenis data penelitian tentang ketepatan tujuan pembelajaran, ketepatan isi materi pelajaran dan ketepatan rancangan dan media, dan keefektifan produk sebagai sumber belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut. 1) Kualitas media berbantuan komputer pada dinamika dan kinematika apa sudah baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis uji coba lapangan bahwa skor rata-rata untuk aspek pembelajaran adalah 4,17 pada kategori baik, skor rata-rata untuk aspek materi yakni 4,15 pada kategori baik dan skor rata-rata untuk aspek media 4,24 dengan kategori sangat baik. 2) Produk media berbantuan komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena hal ini ditunjukkan oleh nilai yang meningkat dari 62,8 naik menjadi 70,2 dengan ketuntasan 66,76%. Selain dapat meningkatkan hasil belajar, pengembangan media berbantuan komputer ini dapat memotivasi siswa pada mata pelajaran Fisika di SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11805

Actions (login required)

View Item View Item