Implementasi Blended Learning by the Constructive Approach (BLCA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY

Wahyuningsih, dian (2013) Implementasi Blended Learning by the Constructive Approach (BLCA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-wahyuningsih-11707251015.swf

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi blended learning by the constructive approach (BLCA) dalam matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Prodi Teknologi Pendidikan (TP) FIP UNY; 2) meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dalam Matakuliah IMK Prodi TP FIP UNY melalui implementasi BLCA; 3) meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dalam matakuliah IMK Prodi TP FIP UNY melalui implementasi BLCA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan, yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa Prodi TP FIP UNY yang menempuh matakuliah IMK tahun ajaran 2012/2013. BLCA divalidasi oleh dua orang ahli model pembelajaran, sedangkan instrumen penelitian divalidasi oleh dua orang ahli instrumen penelitian. Instrumen tes yang telah divalidasi oleh ahli, diuji cobakan kepada subjek ujicoba yaitu 35 orang mahasiswa Prodi TP FIP UNY yang telah menempuh matakuliah IMK tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) BLCA berhasil diimplementasikan dalam matakuliah IMK Prodi TP UNY, dalam setting pembelajaran synchronous langsung serta asynchronous kolaboarif dan mandiri melalui langkah orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, serta analisis dan evaluasi. Skor implementasi BLCA pada siklus I yaitu 69, naik pada siklus II menjadi 82, dan naik pada siklus III menjadi 99. Pembelajaran online yang dilakukan mencapai target keberhasilan implementasi yang berada pada rentang 30-40%. 2) Pemahaman konsep mahasiswa dalam matakuliah IMK mengalami peningkatan melalui implementasi BLCA, dengan rata-rata nilai tes pada siklus I yaitu 67,56, naik pada siklus II menjadi 73,2, dan naik pada siklus III menjadi 80,9. Persentase mahasiswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 52%, naik pada siklus II menjadi 70%, dan naik pada siklus III menjadi 84%. 3) Kemandirian belajar mahasiswa dalam matakuliah IMK mengalami peningkatan melalui implementasi BLCA, dengan rata-rata skor angket pada siklus I yaitu 61,52, naik pada siklus II menjadi 64,98, dan naik pada siklus III menjadi 68,46. Persentase mahasiswa yang mencapai keberhasilan dalam kemandirian belajar pada siklus I yaitu 64%, naik pada siklus II menjadi 78%, dan naik pada siklus III menjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi BLCA dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar mahasiswa dalam matakuliah IMK Prodi TP UNY.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: blended learning, constructive approach, interaksi manusia dan komputer, pemahaman konsep, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item