Zuniarti, zuniarti (2013) Pengaruh Motivasi Belajar, Kinerja Prakerin, dan Intensitas Pembimbingan Guru Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Pariwisata Kompetensi Keahlian Jasa Boga di DIY. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-zuniarti-11702259015.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) bagaimanakah motivasi belajar, kinerja Prakerin, intensitas pembimbingan guru Prakerin dan kesiapan kerja; (2) pengaruh masing-masing variabel motivasi belajar, kinerja Prakerin, intensitas pembimbingan guru Prakerin terhadap kesiapan kerja; dan (3) pengaruh secara bersama-sama variabel motivasi belajar, kinerja Prakerin, intensitas pembimbingan guru Prakerin terhadap kesiapan kerja siswa SMK Pariwisata Kompetensi Keahlian Jasa Boga di DIY. Penelitian ini merupakan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMK Pariwisata kompetensi keahlian jasa boga di DIY. Sampel sebanyak 262 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportional Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala Likert 4 alternatif jawaban. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari scale, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas dan validitas motivasi belajar yaitu 0,836, kinerja Prakerin 0,842, intensitas pembimbingan guru Prakerin 0,825 dan kesiapan kerja 0,825. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda secara simultan pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) Variabel motivasi belajar, intensitas pembimbingan guru Prakerin dan kesiapan kerja diperoleh kategori sedang yaitu dengan masing-masing sebesar 35,88%, 37,41%, 30,53% serta kinerja Prakerin dalam kategori rendah yaitu sebesar 37,02%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan (P<0.05) variabel motivasi belajar terhadap kesiapan kerja, dengan kontribusi sebesar 10%, koefisien regresi 0,207; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan (P<0.05) Variabel kinerja Prakerin; terhadap kesiapan kerja, dengan kontribusi sebesar 2%, koefisien regresi 0,080. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan (P<0.05) variabel intensitas pembimbingan guru Prakerin terhadap kesiapan kerja, dengan kontribusi sebesar 24,7%, koefisien regresi linier sederhana 0,527; dan (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan (P<0.05) secara bersama-sama ketiga variabel independen terhadap variabel dependen dengan kontribusi (R2) sebesar 40,3%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Motivasi Belajar, Kinerja Prakerin, Intensitas Pembimbingan Guru Prakerin, Kesiapan Kerja |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 02:44 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 03:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11802 |
Actions (login required)
View Item |