Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMK Islam Terpadu Smart Informatika Surakarta

Nafiah, Yunin Nurun (2013) Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMK Islam Terpadu Smart Informatika Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yunin-nurun-nafiah-11702259001.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dalam pembelajaran Perbaikan dan Setting Ulang PC melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Islam Terpadu Smart Informatika Surakarta dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian TKJ. Penelitian ini melibatkan satu orang kolaborator untuk membantu peneliti sebagai tim dalam pelaksanaan PBL dan memonitor pada saat pembelajaran. Perubahan dari tindakan yang diberikan diperoleh dari hasil pengamatan kolaborator. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen checklist dan tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan model PBL dalam pembelajaran materi perbaikan dan setting ulang PC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran yaitu sebesar 24,2%, (b) Keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan PBL yaitu siswa dengan kategori keterampilan berpikir kritis sangat tinggi sebanyak 20 siswa (69%), kategori tinggi sebanyak 7 siswa (24,2%), kategori rendah sebanyak 2 siswa (6,9%) dan kategori sangat rendah yaitu sebanyak 0 siswa (0%), (c) penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 31,03%, dan (d) Hasil belajar siswa setelah penerapan PBL yakni jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa (100%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, ketrampilan berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item