Pembelajaran Siswa di Tempat Kerja (Studi Kasus pada Institusi Pasangan SMK Negeri 3 Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dalam Pelaksanaan Prakerind)

Miswardi, yuneldi (2013) Pembelajaran Siswa di Tempat Kerja (Studi Kasus pada Institusi Pasangan SMK Negeri 3 Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dalam Pelaksanaan Prakerind). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuneldi-miswardi-11702251030.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaturan belajar siswa oleh dunia usaha/industri (DUDI) dan proses belajar siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di tempat kerja dalam pelaksanaan praktek kerja industri (prakerind). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah empat manager/pihak dunia usaha/industri yang mengelola pelaksanaan prakerind dan tujuh siswa yang terlibat dalam kegiatan prakerind pada empat dunia usaha/industri tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah metode Miles dan Huberman, melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Pengaturan belajar siswa di tempat kerja dengan membatasi jumlah siswa dalam pekerjaan dan menjadikan siswa sebagai helper mekanik. 2) Proses pembelajaran siswa di tempat kerja: (a) belajar melalui pekerjaan dengan mengikuti mekanik; (b) peran mekanik: memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pekerjaan secara langsung dengan bimbingan dan pengawasan dan memberikan penilaian terhadap kinerja siswa; (c) Kompetensi yang diperoleh siswa dalam prakerind pada umumnya pekerjaan yang dilakukan siswa di tempat kerja yang sesuai dengan kompetensi di sekolah yang tertuang dalam kurikulum kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan; (d) Cara siswa mendapatkan kompetensi di tempat kerja: (1) berkomunikasi dan bersosialisasi dengan seluruh mekanik yang ada di bengkel, (2) rajin dan ulet bekerja, (3) memiliki inisiatif dan aktif dalam bekerja; (e) pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa di tempat kerja: (1) pengetahuan tentang dunia kerja bengkel otomotif dan pengalaman kerja pada pekerjaan yang sesungguhnya, (2) kategori kompetensi siswa yang diperoleh dalam prakerind untuk kategori bengkel besar dan kecil adalah kategori specialist. sedangkan untuk kategori bengkel menengah dalam kategori orang yang belum berpengalaman, (3) sikap siswa sesuai dengan budaya kerja di DUDI yaitu kerja keras dan peduli mutu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran di tempat kerja
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item View Item