Pengembangan Multimedia Interaktif pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Basis Data di SMK Negeri 1 Seyegan

Yogiyatno, wirawan (2013) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Basis Data di SMK Negeri 1 Seyegan. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-wirawan-yogiyatno.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia interaktif pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Basis Data, (2) mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif tersebut, (3) mengetahui keefektifan pembelajaran dengan multimedia interaktif yang dikembangkan dibandingkan dengan pembelajaran tanpa multimedia interaktif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan berdasarkan model Alessi & Trollip yang pelaksanaan uji coba keefektifannya menggunakan quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan. Data yang dikumpulkan meliputi kualitas produk pengembangan dan hasil belajar. Data mengenai kualitas produk pengembangan diperoleh melalui angket validasi yang diisi oleh ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui pretest dan posttest pada siswa yang belajar dengan menggunakan produk pengembangan dan siswa yang belajar tanpa menggunakan produk pengembangan. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, inferensial menggunakan uji t, serta ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan adalah multimedia interaktif. Produk tersebut memodel Microsoft Access 2007 dengan penyederhanaan dan penambahan fitur, (2) hasil tes alfa dan tes beta menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mempunyai kualitas baik sehingga layak untuk uji coba, (3) pembelajaran dengan multimedia interaktif yang dikembangkan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa multimedia interaktif tersebut. Hal ini terlihat dari hasil belajar dan gain hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan produk pengembangan lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar dan gain siswa yang dibelajarkan tanpa produk pengembangan. Analisis ukuran pengaruh juga menunjukkan pengaruh yang kuat dan signifikansi praktis dari perbedaan rata-rata posttest hasil belajar antara siswa yang belajar dengan produk pengembangan dan siswa yang belajar tanpa produk pengembangan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item