Suwarsono, suwarsono (2013) Relevansi Kurikulum Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-suwarsono-11702259024.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki 2 tujuan, pertama mengetahui tingkat relevansi Kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan kebutuhan dunia industri di wilayah DI Yogyakarta. Kedua mengetahui tingkat keterlaksanaan Kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan mengacu kepada standar proses permendiknas no 41 tahun 2007. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua jenis populasi yaitu industri yang bergerak di bidang teknik bangunan sipil di DI Yogyakarta yang berjumlah 140 industri dan guru Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta yang berjumlah 9 orang. Sampel untuk industri diambil menggunakan teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel 35 industri. Untuk guru, semua populasi diambil sebagai sampel. Instrumen untuk industri dan guru menggunakan angket yang dikirim secara langsung dan via pos. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan bantuan paket program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) relevansi antara kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan kebutuhan dunia industri dalam kategori sangat relevan dengan prosentase sebesar 83,95%; dan (2) keterlaksanaan Kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta berdasarkan permendiknas nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dalam kategori sangat baik dengan prosentase sebesar 85,42%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 02:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 06:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11796 |
Actions (login required)
View Item |