Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Untuk Berwirausaha pada Siswa SMK Kelompok Pariwisata Kompetensi Keahlian Busana Butik se-Kabupaten Gunungkidul

Astuti, sri (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Untuk Berwirausaha pada Siswa SMK Kelompok Pariwisata Kompetensi Keahlian Busana Butik se-Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-astuti-11702259020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran/deskriptif tentang kemandirian siswa, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan interaksi teman sebaya pada siswa SMK, (2) mengetahui pengaruh kepribadian, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan interaksi teman sebaya baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap kemandirian untuk berwirausaha pada siswa SMK, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor kepribadian, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan interaksi teman sebaya secara bersama-sama terhadap kemandirian untuk berwirausaha pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII pada SMK Kelompok Pariwisata Program Keahlian Busana Butik se-Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 5 sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi ganda dengan bantuan software SPSS 18 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemandirian untuk berwirausaha tinggi (50,5%), kepribadian tinggi (73,3%), lingkungan keluarga tinggi (49,5%), lingkungan sekolah tinggi (69,5%) dan interaksi teman sebaya tinggi (44,8%), (2) terdapat pengaruh kepribadian, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan interaksi teman sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kemandirian siswa untuk berwirausaha dan, (3) Sumbangan efektif variabel kepribadian, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan interaksi teman sebaya secara bersama-sama terhadap kemandirian siswa kelas XII untuk berwirausaha pada SMK Kelompok Pariwisata kompetensi Keahlian busana butik se-Kabupaten Gunungkidul (R^2) sebesar 68,6% dan sumbangan efektif masing-masing variabel yaitu lingkungan keluarga 53,5%, kepribadian 9,7%, interaksi teman sebaya 3,9%, dan lingkungan sekolah 1,6%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 15 Sep 2022 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item