Mardiyah, siti umi khayatun (2013) Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK N 1 Pengasih, Kulon Progo. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-siti-umi-khayatun-mardiyah.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi praktik kerja industri (prakerin) Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK N 1 Pengasih, Kulon Progo dilihat dari Context, Input, Process dan Product (CIPP). Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi dengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Responden penelitian adalah satu orang ketua kompetensi keahlian, dua orang dari pokja prakerin, lima orang instruktur lapangan, tujuh orang guru pembimbing, dan 75 siswa kelas XI dan XII. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Pengasih dan dunia usaha/dunia industri (DUDI) mitra prakerin. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dengan bantuan seri program SPSS versi 19,0. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan isi melalui expert judgement. Penentuan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aspek konteks berdasarkan responden guru,siswa, dan instruktur termasuk dalam kategori sangat relevan; (2) aspek input berdasarkan responden guru dan siswa termasuk dalam kategori kurang baik, berdasarkan responden instruktur masuk dalam kategori baik; (3) aspek proses berdasarkan responden guru dan instruktur masuk dalam kategori sangat baik, berdasarkan responden siswa masuk dalam kategori baik; (4) aspek produk berdasarkan responden guru, siswa dan instruktur masuk dalam kategori sangat baik; 5) secara umum kelemahan pelaksanaan prakerin adalah: kurangnya keterlibatan siswa dan instruktur dalam perencanaan program, kurangnya kontrol sekolah dalam monitoring guru pembimbing ke lapangan, dan kurangnya kesempatan bagi siswa untuk menguasai kompetensi yang diperoleh dari DUDI; (6) rekomendasi yang diajukan: (a) pengelola prakerin agar lebih meningkatkan manajemen sumber daya manusia dan melibatkan pihak-pihak yang terkait, b) sekolah diharapkan dapat melakukan control/pengawasan yang intensif terhadap pelaksanaan prakerin khususnya monitoring guru, dan (c) DUDI/mitra prakerin dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menguasai kompetensi sesuai materi prakerin dari sekolah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 02:44 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11793 |
Actions (login required)
View Item |