Salam, rudi (2013) Evaluasi Pelaksanaan Program SMK Kelas Jauh di MAN Karanganyar yang Menginduk pada SMKN 2 Karanganyar. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rudi-salam-11702259032.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana context, input, process dan product (CIPP) SMK Kelas Jauh di MAN Karanganyar yang menginduk pada SMKN 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan model CIPP yang dikembangkan oleh Stuflebeam. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kelas Jauh di MAN Karanganyar yang menginduk pada SMKN 2 Karanganyar, dengan responden semua guru yang berjumlah 35 orang dan responden untuk siswa sebanyak 70 orang. Penetapan sampel responden menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi context siswa termasuk cukup relevan, dan evaluasi context guru termasuk relevan. Hal ini ditunjukkan adanya kepedulian Pemerintah Daerah dan kepedulian orang tua siswa dalam kategori baik. Dari sisi regulasi, penyelenggaraan SMK Kelas Jauh di MAN Karanganyar sangat didukung oleh kebijakan dari tingkat pusat sampai kabupaten. (2) Hasil evaluasi input siswa dan input guru termasuk kategori baik. Motivasi guru termasuk kategori kurang, namun jumlah guru mencukupi dan kualifikasi termasuk sangat sesuai. Motivasi siswa ditinjau dari kedisiplinan dan kesadaran dalam belajar termasuk kategori baik. Sebanyak 43% siswa setelah lulus ingin bekerja mandiri, 44% ingin bekerja ikut orang dan sisanya ingin kuliah ataupun kursus. Status sosial ekonomi orang tua siswa termasuk golongan menengah ke bawah. Kurikulum yang digunakan sama dengan kurikulum SMK induk ditambah bahasa Arab dan keterampilan las. Sarana prasarana memadai. (3) Hasil evaluasi process, baik dinilai oleh siswa maupun oleh guru termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan guru selalu membuat persiapan sebelum mengajar, guru selalu mengawasi kegiatan praktik, pembelajaran teori berjalan dengan baik, dan kerjasama dengan institusi lain termasuk kategori baik. (4) Hasil evaluasi product menurut siswa dan guru secara keseluruhan termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kelulusan tiga tahun terakhir 100%, keterserapan lulusan termasuk baik dan tanggapan masyarakat terhadap lulusan termasuk kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, kelas jauh, sekolah kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 02:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11792 |
Actions (login required)
View Item |