Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi terhadap Minat Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dalam Melanjutkan Sekolah di SMK

Windarto, Rony (2013) Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi terhadap Minat Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dalam Melanjutkan Sekolah di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rony-windarto-08702251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap minat siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dalam melanjutkan sekolah ke SMK. Desain penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 48 SMP, dari populasi di atas diambil 17 SMP sebagai sampel. Sampel penelitian diambil 364 orang yang diambil secara proporsional random sampling. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan pada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach, dengan koefisien reliabilitas angket sebesar 0,8. Hal ini berarti reliabilitas instrumen kuat. Prasyarat uji hipotesis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Hasil dari keempat pengujian prasyarat analisis tersebut menunjukkan bahwa data penelitian normal, linier, tidak terjadi multikolinieritas dan tidak terjadi heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu uji pearson correlation dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan siswa dengan minat sebesar 0,627, kesejahteraan keluarga dengan minat siswa sebesar -0,227, informasi pendidikan dengan minat siswa sebesar -0,181, pemenuhan kebutuhan keluarga dengan minat siswa sebesar -0,156, dan nilai F sebesar 65,037 dengan nilai signifikan 0,000 dengan persamaan regresi Y = 44,623 + 0,533X1 - 0,113X2 - 0,122X3 – 0,089X4, hal ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan siswa, informasi pendidikan, kesejahteraan keluarga, dan pemenuhan kebutuhan keluarga secara bersama-sama memiliki pengaruh dan signifikan dengan minat siswa untuk melanjutkan sekolah ke SMK di Kabupaten Bantul. Koefisien determinasi ganda (R Square atau R2) digunakan untuk mengukur sumbangan dan variabel lingkungan siswa, informasi pendidikan, kesejahteraan keluarga, dan pemenuhan kebutuhan keluarga terhadap minat siswa secara serentak sebesar 0,420. Sehingga mempunyai arti bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh 42% terhadap minat siswa SMP Negeri dalam melanjutkan sekolah di SMK, dan 58% pengaruh minat siswa dari variabel lain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sosial ekonomi keluarga, minat siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 21 Sep 2022 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item