Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Tipe Jigsaw II dan Tipe Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Kompetensi Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Peripheral ditinjau dari Motivasi Belajar Teknik Komputer dan Jaringan siswa SMK N 1 Sedayu

Utami, pipit (2013) Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Tipe Jigsaw II dan Tipe Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Kompetensi Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Peripheral ditinjau dari Motivasi Belajar Teknik Komputer dan Jaringan siswa SMK N 1 Sedayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pipit-utami-11702251022.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi KK3: (1) antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe GI ketika motivasi belajar TKJ dikendalikan; dan (2) antara penggunaan tipe pembelajaran kooperatif (tipe Jigsaw II dan tipe GI) dengan tingkat motivasi belajar TKJ (tinggi dan rendah). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent comparison-group design menggunakan dua kelas perlakuan sebagai variabel bebas yang diberikan pembelajaran kooperatif dengan dua tipe berbeda. Satu kelas menggunakan tipe Jigsaw II, sedangkan kelas yang lainnya diberikan tipe GI. Variabel motivasi belajar TKJ dijadikan sebagai pembagi kategori kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar TKJ tinggi dan rendah serta sebagai kovarian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis multivarian kovariat dan desain faktorial dengan progam SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi KK3 dari siswa di kelas dengan pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dari pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi KK3 siswa di kelas dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II ketika motivasi belajar TKJ dikendalikan; (2a) untuk pencapaian pemahaman konsep, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan tipe GI baik diaplikasikan untuk siswa yang memiliki motivasi belajar TKJ tinggi dan rendah, akan tetapi untuk siswa yang memiliki motivasi belajar TKJ rendah lebih baik menggunakan tipe GI; dan (2b) untuk pencapaian pemecahan masalah, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan tipe GI baik diaplikasikan untuk siswa yang memiliki motivasi belajar TKJ tinggi, siswa yang memiliki motivasi belajar TKJ rendah maupun siswa yang memiliki motivasi belajar TKJ tinggi lebih baik menggunakan tipe GI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perbedaan, pembelajaran kooperatif, motivasi belajar TKJ, pemahaman konsep, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item