Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar, dan Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se-Kota Yogyakarta

Narwoto, narwoto (2013) Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar, dan Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-narwoto-11702259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kinerja mengajar guru, pemanfaatan sarana dan prasarana belajar, dan motivasi berprestasi siswa baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar teori kejuruan teknik instalasi tenaga listrik siswa SMK se-Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK se-Kota Yogyakarta. Sampel sejumlah 170 siswa ditentukan menggunakan proportional random sampling technique dengan rumus Slovin. Intrumen yang digunakan adalah angket tertutup dan tes tentang teori kejuruan. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar teori kejuruan dikarenakan nilai thitung = 9,047 > ttabel = 1,654 dengan besarnya pengaruh adalah 32,8 %. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar teori kejuruan dikarenakan nilai thitung = 4,087 > ttabel = 1,654 dengan besarnya pengaruh adalah 9 %. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar teori kejuruan dikarenakan nilai thitung = 5,256 > ttabel = 1,654 dengan besarnya pengaruh adalah 14,1 %. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja mengajar guru, pemanfaatan sarana dan prasarana belajar dan motivasi berprestasi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar teori kejuruan dikarenakan nilai Fhitung = 28,899 > Ftabel = 2,66 dengan besarnya pengaruh secara simultan adalah 34,3 %, sedangkan 63,7 % dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja mengajar guru, sarana prasarana belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 19 Sep 2022 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item