Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Materi Sistem Kelistrikan Otomotif pada Siswa Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Seyegan

Sukiyasa, Kadek (2013) Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Materi Sistem Kelistrikan Otomotif pada Siswa Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Seyegan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kadek-sukiyasa-11702259041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar materi sistem kelistrikan otomotif pada siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dengan jumlah responden kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebanyak 63 siswa. Instrumen pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data motivasi belajar menggunakan kuesioner (angket). Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik parametris, yaitu uji-t dengan teknik independent sampel t-test,dan uji lanjut dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar materi sistem kelistrikan otomotif pada siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Seyegan, ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media animasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan powerpoint. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar materi sistem kelistrikan otomotif pada siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Seyegan, ditunjukkan dengan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan media animasi lebih tinggi dari motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan powerpoint.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media animasi, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 19 Sep 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11787

Actions (login required)

View Item View Item