Hermawan, Hendri (2013) Keefektifan Pembelajaran Ilmu Resep di SMK Kompetensi Keahlian Farmasi di Kabupaten Cilacap. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-hendri-hermawan-10702259039.pdf Restricted to Registered users only Download (46MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keefektifan pembelajaran ilmu resep di SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap, dan (2) Pengaruh kompetensi profesional guru, pengelolaan kelas, dan sarana prasarana pembelajaran dengan keefektifan pembelajaran ilmu resep pada siswa SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat korelasional dengan sampel sejumlah 129 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling dari populasi 203 siswa SMK kompetensi keahlian farmasi kelas XI di Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model penilaian rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keefektifan pembelajaran ilmu resep di SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap berada pada kategori sangat baik dengan skor rerata = 76,07; kompetensi profesional guru berada pada kategori sangat baik dengan skor rerata = 87,22; pengelolaan kelas berada pada kategori sangat baik dengan skor rerata 146,30; sarana prasarana berada pada kategori cukup baik dengan skor rerata 86,25. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap keefektifan pembelajaran ilmu resep di SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap dengan koefisien regresi sebesar 0,416 dengan nilai thitung = 5,150 dan sumbangan efektif sebesar 17,3%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap keefektifan pembelajaran ilmu resep di SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap dengan koefisien regresi sebesar 0,211 dengan nilai thitung = 2,428 dan sumbangan efektif sebesar 4,4%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sarana prasarana pembelajaran terhadap keefektifan pembelajaran ilmu resep di SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap dengan koefisien regresi sebesar 0,407 dengan nilai thitung= 5,028 dan sumbangan efektif sebesar 16,6%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama kompetensi profesional guru, pengelolaan kelas, dan sarana prasarana pembelajaran terhadap keefektifan pembelajaran ilmu resep di SMK kompetensi keahlian farmasi di Kabupaten Cilacap dengan koefisien regresi Ry (1,2,3)=0,521 dengan Fhitung=15,497 dan sumbangan efektif 27,1%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, ilmu resep, Kompetensi Keahlian Farmasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 12:57 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 01:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11786 |
Actions (login required)
View Item |