Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Memperbarui Halaman Web di SMK

Indriantoro, Hendri Ari Kus (2013) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Memperbarui Halaman Web di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hendri-ari-kus-indriastoro-11702259044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran standar kompetensi Memperbarui Halaman Web yang layak dan memenuhi kaidah pengembangan, sesuai dengan kurikulum, tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa SMK kelas X program keahlian Multimedia. (2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran pada standar kompetensi Memperbarui Halaman Web berupa peningkatan skor tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and develpoment) dengan tiga tahapan utama yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Setelah produk awal selesai, dilakukan evaluasi formatif yang terdiri dari Alpha Test (validasi kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media), Beta Test I (uji coba kelayakan produk oleh 6 siswa) dan Beta Test II (uji coba kelayakan produk oleh 26 siswa). Pada tahap akhir produk dilakukan evaluasi sumatif yang melibatkan 31 siswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan produk pada aspek lingkup pembelajaran diperoleh skor sebesar 4,51 (kategori sangat baik), aspek pertimbangan afektif diperoleh skor sebesar 4,73 (kategori sangat baik), aspek informasi pelengkap sebesar 4,66 (kategori sangat baik), aspek antarmuka sebesar 4,46 (kategori sangat baik), aspek navigasi sebesar 4.68 (kategori sangat baik), aspek pedagogi sebesar 4.64 (kategori sangat baik), dan aspek ketahanan produk sebesar 4.47 (kategori sangat baik). (2) hasil belajar siswa pada saat pretest diperoleh rerata sebesar 6,34 sedangkan hasil belajar siswa pada posttest diperoleh rerata sebesar 8,47. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh N-Gain sebesar 0,71 (tergolong klasifikasi tinggi). Berdasarkan N-Gain yang tinggi maka produk Multimedia Pembelajaran pada Standar Kompetensi Memperbarui Halaman Web efektif untuk meningkatkan skor test hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, model simulasi, memperbarui halaman web
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 16 Sep 2022 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item