Peningkatan Motivasi Belajar Siswa untuk Pencapaian Kompetensi Menggambar Proporsi Tubuh Melalui Metode Peer Teaching pada Mata Pelajaran Menggambar Busana di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta

Kusuma, Dianita Anggar (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa untuk Pencapaian Kompetensi Menggambar Proporsi Tubuh Melalui Metode Peer Teaching pada Mata Pelajaran Menggambar Busana di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dianita-anggar-kusuma-11702251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita dengan menerapkan metode peer teaching, (2) peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode peer teaching, (3) peningkatan pencapaian kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita melalui penerapan metode peer teaching di SMK Diponegoro Depok, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Alur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari (1) perencaaan, (2) tindakan dan pengamatan, (3) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI Busana Butik pada tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling yaitu teknik pengambilan subjek penelitian dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat para ahli. Uji reliabilitas menggunakan konsistensi antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita telah terlaksana 100% sangat baik, sesuai dengan fase dan unsur metode peer teaching. Metode peer teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita. Hal ini ditunjukkan pada siklus pertama motivasi belajar siswa masuk dalam kategori sedang, yaitu mencapai 53,9%, pada siklus kedua motivasi belajar siswa masuk dalam kategori sedang, yaitu mencapai 60,6%, dan pada siklus ketiga motivasi belajar siswa masuk dalam kategori tinggi, yaitu mencapai 75,3%. Pencapaian kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita ditunjukkan dengan peningkatan siswa yang mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus pertama siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 44,12%, siklus kedua siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 61,76%, dan siklus ketiga siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 79,41%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode peer teaching dapat meningkatkan motivasi belajar untuk pencapaian kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode peer teaching, motivasi belajar, kompetensi menggambar proporsi tubuh wanita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 16 Sep 2022 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item