Santosa, budi (2013) Pengembangan Model Pembelajaran 2in1 dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran AutoCad Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem. Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-budi-santosa-11702259016.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran 2in1 pada mata pelajaran autocad (2) menguji efektivitas model pembelajaran 2in1 dalam meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Autocad. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan hasil modifikasi model pengembangan dari Dick & Carry (1996). Kegiatan penelitian terdiri atas dua tahap : pengembangan dan implementasi. Tahap pengembangan meliputi kegiatan analisis masalah dan kajian existing model, penyusunan draft model pembelajaran 2in1, revisi, validasi pakar dan praktisi, uji kelayakan model. Tahap implementasi meliputi: penerapan model dan evaluasi, uji efektifitas model dan deseminasi terbatas. Subyek penelitian adalah 8 orang guru teknik gambar bangunan, 1 orang ketua kompetensi keahlian, 1 Kepala Sekolah, dan 5 orang unsur industri. Materi pembelajaran praktik terdiri atas tiga jenis tugas (job) pekerjaan: tugas A, B dan C dimana semua harus dikerjakan dengan program autocad. Analisis data dilakukan dilakukan dua tahap, yaitu pada tahap pengembangan dan di akhir penerapan model. Analisis pada tahap pengembangan model dilakukan dengan pendekatan kuatitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk menganalisis data hasil validasi oleh pakar dan praktisi. Analisis pada akhir tahap penerapan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 2in1 secara empirik menggunakan uji statistik (uji t satu sampel berkaitan) dan indeks gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan model pembelajaran 2in1 yang mengadopsi dan memodifikasi model Dick and Carry (1996), mampu menghasilkan model pembelajaran yang layak dan efektif ; (2) model pembelajaran 2in1 efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran autocad ; (3) tingkat efektifitas model pembelajaran 2in1 termasuk kategori sedang dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran autocad dengan nilai indeks gain = 0,403, nilai <e> = 0,403, kemudian dengan uji statistik menggunakan uji t satu sampel berkaitan diperoleh nilai t hitung = - 14,94 > dari pada nilai ttabel sebesar = -2,462 untuk taraf signifikansi 1 % , maka termasuk kategori sangat signifikan, sehingga sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran AutoCad.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 02:43 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11780 |
Actions (login required)
View Item |