PeningkatanKompetensi Merakit Sistem Kendali Pneumatik melalui Model Pembelajaran Komprehensif di SMK Negeri 2 Depok, Sleman

Irianto, Bambang (2013) PeningkatanKompetensi Merakit Sistem Kendali Pneumatik melalui Model Pembelajaran Komprehensif di SMK Negeri 2 Depok, Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bambang-irianto-11702259029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep materi desain sistem kendali pneumatik, mencapaiKriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan keberhasilan pencapaian indikator penilaian kompetensi merakit sistem kendali pneumatik peserta didik sekolah menengah kejuruan (SMK) kelas XII dalam pembelajaran merakit sistim kendali pneumatik untuk otomasi industri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman dengan subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XII Program Keahlian Teknik Otomasi Industri. Penelitian ini melibatkan seorang kolaborator untuk membantu dan mendampingi peneliti dalam memonitor aktivitas belajar peserta didik. Perubahan perilaku peserta didik sebagai akibat tindakan yang telah diberikan guru dapat diperoleh melalui hasil pengamatan kolaborator. Pengumpulan data menggunakan metodeprofessional practice test, tes pemahaman, tes unjuk kerja dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penggunaan model pembelajaran komprehensif dapat meningkatkan pemahaman konsep materi desain sistim kendali pneumatik sebesar 36%, (b) penggunaan model pembelajaran komprehensif dapat meningkatkan nilai KKM peserta didik sebesar 50%, dan (c) penggunaan model pembelajaran komprehensif dapat meningkatkan keberhasilan pencapaian indikator penilaian kompetensi merakit sistim kendali pneumatik sebesar 38%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KKM, model komprehensif, pemahaman, penelitian tindakan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 16 Sep 2022 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11779

Actions (login required)

View Item View Item