Pengaruh Bimbingan Kejuruan, Motivasi Berprestasi, dan Kemandirian Siswa terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian TKJ SMK Negeri di Kabupaten Bantul

Yustina, Aprilia (2013) Pengaruh Bimbingan Kejuruan, Motivasi Berprestasi, dan Kemandirian Siswa terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian TKJ SMK Negeri di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aprilia-yustina-11702259037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh bimbingan kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa, 2) pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kesiapan kerja siswa, 3) pengaruh kemandirian siswa dalam memilih karier terhadap kesiapan kerja siswa, dan 4) pengaruh bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi, dan kemandirian siswa dalam memilih karier secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Bantul, SMK Negeri 1 Sedayu, dan SMK Negeri 1 Pundong sebanyak 203 siswa. Sampel penelitian sebanyak 133 yang terdiri dari 42 siswa dari SMK Negeri 1 Bantul, 44 siswa dari SMK Negeri 1 Sedayu dan 47 siswa dari SMK Negeri 1 Pundong. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dengan taraf signifikasi 5% dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bimbingan kejuruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, yang dibuktikan dengan harga rhitung sebesar 0,534; harga koefisien determinasi X1 terhadap Y (r2x1,y) sebesar 0,285 yang artinya variabel ini mempengaruhi kesiapan kerja siswa sebesar 28,5% dan thitung sebesar 7,225 > ttabel 1,98 pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi Ŷ = 24,131 + 0,656 X1; 2) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, yang dibuktikan dengan harga rhitung sebesar 0,462; harga koefisien determinasi X2 terhadap Y (r2x2,y) sebesar 0,213 yang artinya variabel ini mempengaruhi kesiapan kerja siswa sebesar 21,3% dan thitung sebesar 5,995 > 1,98 pada taraf signifikansi 5%. Persamaan Regresi Ŷ = 27,550 + 0,566 X2; 3) Kemandirian siswa dalam memilih karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa yang dibuktikan dengan harga rhitung sebesar 0,572; harga koefisien determinasi X3 terhadap Y (r2x3,y) sebesar 0,327, yang berarti variabel ini mempengaruhi kesiapan kerja siswa sebesar 32,7%, dengan thitung sebesar 7,978 > ttabel sebesar 1,98 taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi Ŷ=26,084 + 0,683 X3; 4) Bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi, dan kemandirian siswa dalam memilih karier secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa yang terbukti dengan Ry123 sebesar 0,652, harga koefisien determinasi X1, X2 dan X3 terhadap Y (R2y123) sebesar 0,425 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 31,808 > 2,68 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa ditentukan oleh 42,5% variabel bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi dan kemandirian siswa dalam memilih karier, dengan persamaan regresi yaitu Y = 15,420 + 0,414 X1 + 0,072 X2 + 0,456 X3. Total sumbangan efektif sebesar 38,90% yang berarti bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi dan kemandirian siswa dalam memilih karier secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 43,40% terhadap kesiapan kerja siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi, kemandirian siswa, kesiapan kerja siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 21 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item View Item