Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul

Listyanto, Anggoro Dwi (2013) Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anggoro-dwi-listyanto-11702259010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi gambaran umum tentang 1) pemanfaatan internet, lingkungan, dan motivasi belajar; 2) pengaruh pemanfaatan internet, lingkungan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kompetensi keahlian teknik audio video SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kompetensi keahlian teknik audio video SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Sampel penelitian ini sejumlah 149 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan kuesioner dan tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel dan analisis regresi yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kecenderungan pemanfaatan internet siswa terdapat pada kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 75,87; 2) lingkungan siswa terdapat pada kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 81,10; 3) motivasi belajar siswa terdapat pada kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 102,62; 4) prestasi belajar siswa terdapat pada kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 15,23. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar siswa; 2) terdapat pengaruh antara lingkungan terhadap prestasi belajar siswa; 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa; 4) terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet, lingkungan, dan motivasi belajarsecara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kompetensi keahlian teknik audio video SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 0,704 + 0,154X1 + 0,012X2 + 0,018X3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: internet, lingkungan, motivasi, belajar, prestasi belajar, motivasi, prestaqsi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item