Pengaruh Pengalaman Praktik,Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Studi Keahlian Teknik Elektronika SMK se Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Baiti, ahmad awaludin (2013) Pengaruh Pengalaman Praktik,Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Studi Keahlian Teknik Elektronika SMK se Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-ahmad-awaludin-baiti.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) tingkat kesiapan kerja, pengalaman praktik, prestasi dasar kejuruan, dukungan orang tua,(2) adanya pengaruh pengalaman praktik terhadap kesiapan kerja siswa,(3) adanya pengaruh prestasi belajar dasar kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa,(4)adanya pengaruh dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa,(5)adanya pengaruh bersama – sama pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan, dukungan orang tuasecarabersama – sama terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Elektronika se KabupateSleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto.Populasi penelitian ini adalah peserta didik dari semua SMK dengan kompetensi keahlian yang termasuk dalam Program Studi Keahlian Teknik Elektronika yang terdiri dari kompetensi keahlian Audio Video, ElektronikaIndustri, dan Mekatronika sebanyak 139 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan rumus Isaac and Michael sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 siswa.Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling.Instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data untuk variabel kesiapan kerja, pengalaman praktik, dan dukungan orang tua.Instrumen dalam bentuk tes digunakan untuk mengumpulkan data untuk variabel prestasi belajar dasar kejuruan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Sebagian besar siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Elektronika se Kabupaten Slemanm emiliki kesiapan kerja (84%) dengan rerata sebesar 36,78. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman praktik dan kesiapan kerja siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,481.(3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dukungan orang tua dan kesiapan kerja siswa dengan nilai koefisien r sebesar 0,364. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar dasar kejuruan dan kesiapan kerja siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,463 (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama – sama antara pengalaman praktik, dukungan orang tua, dan prestasi belajar dasar kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai koefisien R² sebesar 0,630. Hasil tersebut menunjukkan ketiga variabel tersebut dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa untuk memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item