Keefektifan belajar Siswa SMK Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sutrisna, acu (2013) Keefektifan belajar Siswa SMK Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-acu-sutisna-05702254030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) profesionalisme guru, motivasi belajar siswa, dan keefektifan belajar; (2) pengaruh profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa terhadap keefektifan belajar; (3) besarnya pengaruh terhadap keefektifan belajar pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Linier Berganda yang melalui uji prasyarat yaitu: (1) Uji Multikolinieritas, (2) uji normalitas, (3) uji Linearitas, (4) uji homogenitas, dan (5) uji homoskedastisitas. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sebagian besar siswa, atau 107 siswa (56,02%) memiliki persepsi bahwa tingkat profesionalisme guru mata pelajaran produktif sedang, sebanyak 96 siswa (50,26%) memiliki motivasi sedang, dan sebanyak 96 orang siswa (50,26%) menunjukkan bahwa keefektifan belajar pada mata pelajaran produktif sedang. (2) Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (43,008 > 3,04). Hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru (X1) dan motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. (3) Secara parsial, profesionalisme guru memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap keefektifan belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar -4,435. Sedangkan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keefektifan belajar, yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 4,4984. Berdasarkan nilai signifikansi dan nilai t hitung dan t table di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan belajar, profesionalisme guru, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 19 Sep 2022 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11773

Actions (login required)

View Item View Item