Pengaruh Pendekatan Modified Free Inquiry terhadap Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik

Kholilurrohman, Kholilurrohman (2013) Pengaruh Pendekatan Modified Free Inquiry terhadap Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kholillurrohman-11708251057.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Modified Free Inquiry terhadap: (1) keterampilan proses sains peserta didik, dan (2) sikap ilmiah peserta didik. Pendekatan ini diimplementasikan dalam pembelajaran biologi pada materi sistem alat indra pada manusia. Jenis penelitian kuasi eksperimen ini mempergunakan desain pretest-posttest with nonequivalent control group design dengan populasi berupa seluruh peserta didik kelas XI MAN Maguwoharjo Yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013, dan memanfaatkan 2 kelas XI IPA sebagai kelompok sampel. Kelompok sampel pertama berupa kelas XI IPA 1 berperan sebagai kelas perlakuan/treatment yang mengimplementasikan pendekatan Modified Free Inquiry, dan kelompok sampel kedua berupa kelas XI IPA 2 berperan sebagai kelas kontrol yang mengaplikasikan pendekatan Guided Inquiry. Pembelajaran dalam penelitian ini berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan untuk masing-masing kelompok sampel, dan data diperoleh dengan bantuan instrumen pengumpulan data berupa soal tes tertulis multiple choice, lembar observasi keterampilan proses dan sikap ilmiah, dan lembar angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran. Data hasil penelitian diolah dengan software IBM SPSS 20 for windows, dan uji hipotesis dilakukan melalui analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan nilai sebesar 0,000 pada masing-masing pendekatan, hal ini berarti: (1) terdapat pengaruh pendekatan Modified Free Inquiry terhadap keterampilan proses sains peserta didik, dan (2) terdapat pengaruh pendekatan Modified Free Inquiry terhadap sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modified Free Inquiry, Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Peserta Didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item