Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium IPA terhadap Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Ternate

Dayat, kasim (2013) Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium IPA terhadap Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kasim-dayat-10708251052.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat keefektifan pemanfaatan laboratorium fisika terhadap proses belajar mengajar fisika, dan 2) sikap siswa terhadap proses pembelajaran fisika di laboratorium di SMA negeri Kota Ternate Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dan data penelitian diperoleh dari kepala sekolah, guru fisika, laboran dan siswa kelas XI-IPA pada 5 SMA negeri di Kota Ternate tahun ajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Dalam hal tingkat keefektifan pemanfaatan laboratorium fisika di lima SMA negeri Kota Ternate, dua sekolah dengan kategori sangat baik, dua sekolah kategori baik, dan satu sekolah dengan kategori cukup baik. Dengan demikian, pemanfaatan laboratorium fisika pada SMA negeri di Kota Ternate berada pada kategori baik. 2) Sikap siswa terhadap proses pembelajaran fisika di laboratorium di lima SMA negeri Kota Ternate pada umumnya baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: laboratorium fisika, sikap siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item