Pengembangan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas

Darmawati, virgita (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-virgita-darmawati-11708251045.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran inkuiri berbasis virtual laboratory. (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran inkuiri berbasis virtual laboratory yang dihasilkan. (3) Mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika dan motivasi belajar peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran inkuiri berbasis virtual laboratory yang dihasilkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan 4-D method yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan tahapan (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Kualitas media pembelajaran inkuiri yang dihasilkan ditinjau dari aspek materi/isi, pembelajaran, tampilan dan pemograman diperoleh dari penilaian expert judgment serta penilaian dari praktisi pembelajaran fisika juga respon peserta didik. Setelah media dinyatakan layak dan memenuhi standar maka dilakukan uji coba terbatas/kelompok kecil sebanyak 6 orang peserta didik dan uji coba lapangan sebanyak 64 orang peserta didik (32 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 32 orang peserta didik pada kelas kontrol). Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes penguasaan konsep dan angket motivasi. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney menggunakan program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Inkuiri berbasis virtual laboratory pada materi teori kinetik gas yang dihasilkan telah memenuhi standar kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan kualitas “baik” untuk aspek kualitas materi dan “sangat baik” untuk aspek kualitas kualitas pembelajaran, tampilan dan pemograman. Peserta didik memberi tanggapan positif untuk jenis pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran inkuiri berbasis virtual laboratory yang dihasilkan. Media pembelajaran inkuiri berbasis virtual laboratory yang dihasilkan dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan motivasi belajar peserta didik, dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (36,73) lebih besar daripada kelas kontrol (25,08) dengan besar nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,010 dan rata-rata motivasi pada kelas eksperimen (38,79) lebih besar daripada kelas kontrol (24,21) dan besar nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inkuiri, Virtual Laboratory, Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11770

Actions (login required)

View Item View Item