Pengembangan Media Pembelajaran Komik IPA Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP Muhamadiyah 2 Yogyakarta

Sulistyaningrum, utami (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Komik IPA Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP Muhamadiyah 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-utami-sulistyaningrum-11708251046.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran komik IPA berbasis karakter materi pemanasan global untuk peserta didik SMP, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran komik IPA berbasis karakter materi pemanasan global untuk peserta didik SMP dan 3) mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran komik IPA berbasis karakter materi pemanasan global untuk peserta didik SMP dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan ketercapaian penanaman karakter Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1-9 (studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, uji coba awal, revisi produk I, uji coba kelompok kecil, revisi produk II, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk akhir). Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMP Muhamadiyah 2 Yogyakarta sejumlah 36 orang dengan rincian: 10 peserta untuk uji coba kelompok kecil dan 26 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media komik IPA berbasis karakter telah dikembangkan menggunakan langkah dari Borg and Gall, 2) kualitas media pembelajaran komik IPA yang dikembangkan berkategori baik, 3) pembelajaran dengan media pembelajaran komik IPA yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan ketercapaian penanaman karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media pembelajaran komik ipa, karakter, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item