Perbedaan Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran dengan Metode Simulasi dan Metode Tutorial dalam Pembelajaran Listrik Dinamis terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN Wonosari

Fadilah, umi (2013) Perbedaan Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran dengan Metode Simulasi dan Metode Tutorial dalam Pembelajaran Listrik Dinamis terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN Wonosari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-umi-fadilah-10708251047.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia pembelajaran dengan metode simulasi dalam pembelajaran listrik dinamis lebih berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MAN Wonosari dibandingkan penggunaan multimedia dengan metode tutorial. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu kelompok yang menggunakan multimedia dengan metode simulasi dan kelompok yang menggunakan multimedia dengan metode tutorial. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas X MAN Wonosari yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang menghasilkan kelas XA sebagai kelompok yang menggunakan multimedia dengan metode simulasi dan kelas XB sebagai kelompok yang menggunakan multimedia dengan metode tutorial. Validasi kedua metode multimedia dilakukan oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi. Instrumen pengambilan data berupa tes yang divalidasi oleh satu seorang ahli materi. Tes tersebut diuji coba untuk memperoleh soal yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pretest dan posttest terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Manova dan kemudian dilakukan uji lanjut dengan menggunakan independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dengan metode simulasi lebih berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan penggunaan multimedia dengan metode tutorial. Hasil uji lanjut yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel yang menyebabkan munculnya perbedaan pengaruh antara kedua kelompok eksperimen adalah pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode simulasi, metode tutorial, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item