Pengaruh Pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) Dan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Sains Peserta Didik SMP

Sutarto, sutarto (2013) Pengaruh Pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) Dan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Sains Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-sutarto.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). menganalisis pengaruh pendekatan SETS terhadap kemampuan berpikir kritis sains, 2). menganalisis pengaruh pendekatan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis sains, 3). menganalisis perbedaan pengaruh antara pendekatan SETS dan pendekatan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis sains, 4) menganalisis pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan SETS dan pendekatan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis sains. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian quasi-experiment dengan desain pretest-posttest with nonequivalent group. Kelompok A diberi perlakuan dengan pendekatan SETS dan kelompok B diberi perlakuan dengan pendekatan CTL. Penelitian dilaksanakan di kelas VII (reguler) SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling technique. Pengambilan data menggunakan tes tertulis. Uji pengaruh pendekatan SETS dan pendekatan CTL menggunakan uji paired sample t-test, uji beda pengaruh pendekatan menggunakan uji independent sample t test, dan uji pendekatan yang lebih efektif berdasarkan tiga kriteria yaitu persentase ketuntasan belajar, uji one sample t test, dan perbandingan rerata posttest.. Semua uji dilakukan berbantuan SPSS 16 for windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Pendekatan SETS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sains. 2) Pendekatan CTL berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sains. 3) Ada beda pengaruh antara pendekatan SETS dan pendekatan CTL terhadap kemampauan berpikir kritis sains. 4) Pendekatan SETS lebih efektif dari pada pendekatan CTL terhadap kemampauan berpikir kritis sains.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item