Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Inkuiri, dan Pengajaran Langsung terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1

Tyas, Rina ning (2013) Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Inkuiri, dan Pengajaran Langsung terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-rina-ning-tyas.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuanpenelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran inkuiri, dan pengajaran langsung (DI) terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik; (2) untuk menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik; (3) untuk menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik; dan (4) untuk menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dan pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan variabel dependen keterampilan memecahkan masalah, variabel independen model pembelajaran (PBL, pembelajaran inkuiri, dan DI), dan variabel kovarian pengetahuan awal.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Batang dan tiga kelompok sampel yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelompok sampel pertama menggunakan PBL, kelompok kedua menggunakan pembelajaran inkuiri, dan kelompok ketiga menggunakan DI. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes keterampilan memecahkan masalah dan tes pengetahuan awal. Soal tes keterampilan memecahkan masalah memiliki reliabilitas sebesar 0,794 dan soal tes pengetahuan awal memiliki reliabilitas sebesar 0,828. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran inkuiri, dan pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik; (2) tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik; (3) ada perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik; dan (4) ada perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dan pengajaran langsung terhadap keterampilan memecahkan masalah sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item