Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Persepsi Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan Kompetensi Guru Fisika SMA/MA di Kabupaten Maluku Tenggara

Ohoiner, Ona Elen (2013) Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Persepsi Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan Kompetensi Guru Fisika SMA/MA di Kabupaten Maluku Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ona-elen-ohoiner-11708251061.swf

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan 1) antara latar belakang pendidikan, 2) persepsi pemanfaatan media pembelajaran dan 3) latar belakang pendidikan dan persepsi pemanfaatan media pembelajaran dengan kompetensi guru fisika SMA/MA di Kabupaten Maluku Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Pendekatan kuantitatif bermaksud menguji variabel latar belakang pendidikan (X1) dan persepsi pemanfaatan media pembelajaran (X2) dengan kompetensi guru fisika SMA/MA negeri dan swasta di Kabupaten Maluku Tenggara (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA/MA negeri dan swasta di Kabupaten Maluku Tenggara. Sedangkan populasi sasarannya adalah 23 guru fisika dari 10 SMA/MA negeri dan 6 SMA/MA swasta. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket dan lembar observasi. Pengumpulan data melalui kuesioner, dan observasi. Kuesioner digunakan untuk mengecek latar belakang pendidikan dan kompetensi guru, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati persepsi pemanfaatan media pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis korelasi adalah sebagai berikut. 1) Korelasi antar variabel latar belakang pendidikan (X1) dengan kompetensi guru fisika SMA/MA di Kabupaten Maluku Tenggara (Y) menunjukkan hasil yang signifikan, berdasarkan hasil statistik uji t, dengan nilai t sebesar 3,5 dan nilai signifikansi untuk variabel X1 sebesar 0,002 yang lebih kecil dari level signifikansi 5%. 2) Korelasi antar variabel persepsi pemanfaatan media pembelajaran (X2) dengan kompetensi guru fisika SMA/MA di Kabupaten Maluku Tenggara (Y) tidak menunjukkan hasil yang signifikan berdasarkan hasil statistik uji t sebesar 1,551 dan nilai signifikan 0,137 lebih besar dari level signifikansi 5%. 3) Korelasi regresi ganda antar variabel X1 dan X2 dengan variabel Y keduanya menunjukkan hasil yang signifikan berdasarkan hasil statistik uji F, dimana nilai F sebesar 17,670 dan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan, media pembelajaran,dan kompetensi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item