Mengintegrasikan Nilai-Nilai dalam Pembelajaran Matematika

Ali, Mahmudi (2005) Mengintegrasikan Nilai-Nilai dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-19 Ali UNY.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat material, yaitu untuk membekali siswa agar menguasai matematika dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun lebih dari itu, pembelajaran matematika juga dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat formal, yaitu untuk menata nalar siswa serta membentuk kepribadiannya. Untuk dapat mencapai tujuan yang bersifat formal tersebut, kegiatan pembelajaran harus dirancang dengan baik sedemikian sehingga dapat digunakan sebagai wahana dalam membelajarkan nilai-nilai yang pada ujungnya dapat membentuk kepribadian siswa. Melalui aktivitas pembelajaran matematika, baik secara implisit maupun eksplisit, dapat dibelajarkan kepada siswa berbagai nilai-nilai positif yang sesuai. Misalnya, melalui rangkaian langkah-langkah pemecahan masalah dalam matematika, siswa dilatih untuk bersikap kritis, cermat, runtut, analitis, rasional, dan efisien.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item