Ali, Mahmudi (2005) Mengintegrasikan Nilai-Nilai dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3
|
Text
PM-19 Ali UNY.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat material, yaitu untuk membekali siswa agar menguasai matematika dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun lebih dari itu, pembelajaran matematika juga dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat formal, yaitu untuk menata nalar siswa serta membentuk kepribadiannya. Untuk dapat mencapai tujuan yang bersifat formal tersebut, kegiatan pembelajaran harus dirancang dengan baik sedemikian sehingga dapat digunakan sebagai wahana dalam membelajarkan nilai-nilai yang pada ujungnya dapat membentuk kepribadian siswa. Melalui aktivitas pembelajaran matematika, baik secara implisit maupun eksplisit, dapat dibelajarkan kepada siswa berbagai nilai-nilai positif yang sesuai. Misalnya, melalui rangkaian langkah-langkah pemecahan masalah dalam matematika, siswa dilatih untuk bersikap kritis, cermat, runtut, analitis, rasional, dan efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2015 07:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11761 |
Actions (login required)
View Item |