Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Analisis Regresi dengan Metode Student Project di Jurusan Pendidikan Matematika

Endang, Listyani and Dhoriva Urwatul, Wutsqa (2005) Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Analisis Regresi dengan Metode Student Project di Jurusan Pendidikan Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-14 Endang UNY.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari pembelajaran dengan metode student project dari sisi kompetensi mahasiswa dalam mengaplikasikan analisis regresi pada masalah-masalah real. Selain kompetensi yang sifatnya kognitif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran yang sifatnya non kognitif, yaitu, kemandirian dan aktifitas mahasiswa di dalam perkuliahan. Juga akan diungkap kendala-kendala dari penerapan metode student project. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika angkatan 2002 peserta mata kuliah Analisis Regresi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan dengan metode student project. Dalam penelitian ini dilakukan pembelajaran di kelas sesuai dengan Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) dan praktikum. Bentuk dari tindakan kelas dibagi dalam dua siklus, pada tiap siklus diberikan tugas (project) kelompok kepada mahasiswa. Ada dua macam tugas yang diberikan kepada mahasiswa yaitu : tugas menganalisis data yang diberikan oleh dosen, dan tugas mencari data real dari berbagai bidang ilmu sekaligus menganalisisnya. Tugas dipresentasikan dan didiskusikan di dalam kelas. Evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses pembelajaran, yaitu dari tugas, presentasi, diskusi, tes (ujian sisipan), hasil observasi dan angket. Hasil evaluasi digunakan untuk melakukan refleksi kegiatan siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode student project 64,5% mahasiswa telah tuntas belajar berdasarkan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan, yaitu mendapat nilai skor minimal 66 atau dalam huruf B - , aktivitas mahasiswa selama mengikuti kuliah dapat dikatakan baik khususnya dalam kegiatan diskusi, hampir 85% persen mahasiswa terlibat aktif., demikian pula dalam hal kemandirian belajar mahasiswa dapat memenuhi semua tugas yang memerlukan keaktifan mahasiswa mengeksplorasi sumber belajar secara mandiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Project, prestasi, aktivitas, kemandirian
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item