MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING PLUS (GENERATIVE LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KALKULUS DIFERENSIAL DENGAN MENGEMBANGKAN MATERI ON-LINE

Edi, Prajitno and Atmini, Dhoruri and Heri, Retnawati (2005) MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING PLUS (GENERATIVE LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KALKULUS DIFERENSIAL DENGAN MENGEMBANGKAN MATERI ON-LINE. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-13 Edi _RBT_ UNY.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) pembentukan kemandirian belajar mahasiswa dalam Pembelajaran Kalkulus diferensial dengan Metode Reciprocal Teaching Plus (Generative Learning) mengembangkan materi on-line di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, dan keuntungan- keuntungan yang diperoleh dan kendala-kendala yang dihadapi dalam membentuk kemandirian belajar mahasiswa dalam Pembelajaran Kalkulus diferensial dengan Metode Reciprocal Teaching Plus (Generative Learning) mengembangkan materi on- line di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Langkah-langkah penelitian yang akan dilaksanakan mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Setiap putaran/siklus tindakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan ini berulang dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang minat mahasiswa terhadap pembelajaran, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes prestasi belajar. Adapun data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Kalkulus diferensial dengan metode reciprocal teaching plus (generative learning) dengan mengembangkan materi on-line dapat dilakukan dengan menugaskan mahasiswa membuat makalah (sebagai upaya menciptakan pengetahuan dalam diri mahasiswa) kemudian mempresentasikannya (reciprocal teacing) dan pembelajaran ini meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa, dan (2) Keuntungan pembelajaran ini adalah diminati mahasiswa, dapat mengaktifkan mahasiswa dan kelas mencapai pembelajaran tuntas, sedangkan kendalanya adalah perlu waktu lama dalam pelaksanaan pembelajarannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, generative learning, materi on-line
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11755

Actions (login required)

View Item View Item