Pembelajaran Terintegrasi Pada Perkuliahan Metode Numerik I: Upaya Peningkatan Kualitas Struktur Logik Mahasiswa Dalam Penyelesaian Masalah Secara Numerik

Atik, Wintarti and Budi, Rahajeng and Yusuf, Fuad (2005) Pembelajaran Terintegrasi Pada Perkuliahan Metode Numerik I: Upaya Peningkatan Kualitas Struktur Logik Mahasiswa Dalam Penyelesaian Masalah Secara Numerik. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-12 Atik UNESA.pdf

Download (36kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Hasil belajar mahasiswa Jurusan Matematika Unesa yang memprogram Metode Numerik I pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2003/2004 terkategori tidak memuaskan. Hanya sekitar 30% mahasiswa S-1 Matematika yang mengikuti perkuliahan tersebut memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Penyebabnya antara lain rendahnya kualitas struktur logik mahasiswa dalam mengupayakan penyelesaian numerik dari suatu permasalahan yang diberikan. Untuk itu dilakukan penyusunan desain pembelajaran terintegrasi yang feasible untuk penyelenggaraan perkuliahan Metode Numerik I, yang berupa men-sinergikan perkuliahan Metode Numerik I dengan matakuliah Pemrograman Komputer dan Struktur Data dan Algortima, memberikan tugas-tugas numerik yang dapat diprogramkan dengan komputer di Laboratorium Matematika, memberikan tes untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep numerik dan logika pemrograman, melakukan analisis pada data yang sudah terdokumentasi dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil dan analisa data penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata- rata tes numerik dengan menggunakan program komputer lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata tes numerik yang tidak menggunakan bantuan komputer, terdapat 48% mahasiswa yang dapat dikategorikan mempunyai kemampuan numerik yang diharapkan dan pada umumnya mahasiswa setuju bila matakuliah Metode Numerik selalu dikaitkan dengan penerapan pada pemrograman komputer karena merasa lebih mudah memahami konsep-konsep numerik melalui logika pemrograman.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item