R., Sulaiman and Pradnyo, Wijayanti (2005) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PADA MATAKULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3
|
Text
PM-11 R_Sulaiman UNESA.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada matakuliah Aljabar Linier Elementer di Jurusan Matematika UNESA kelas 2003A semester gasal 2004-2005. Tindakan yang dilakukan adalah mengimplementasikan pembelajaran yang mengoptimalkan media. Penggunaan media yang dimaksud adalah: OHP, LCD dan Komputer (praktikum). Implementasi tindakan dilaksanakan dalam 7 (tujuh) siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan merancang Rencana Pembelajaran (RP), implementasi RP (proses pembelajaran), observasi, analisis dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penggunaan media membantu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, (2) kelemahan pembelajaran pada suatu siklus secara umum sudah dapat diperbaiki pada siklus berikutnya, walaupun masih ada kelemahan yang terulang pada suatu siklus, (3) dengan penggunaan media, mahasiswa merasa lebih senang, (4) penggunaan media sangat membantu dalam mengefektifkan waktu, (5) praktikum dengan menggunakan soft ware komputer menambah wawasan mahasiswa dan menambah kegairahan mahasiswa untuk memahami materi yang telah diberikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2015 07:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11753 |
Actions (login required)
View Item |