PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PADA MATAKULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER

R., Sulaiman and Pradnyo, Wijayanti (2005) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PADA MATAKULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-11 R_Sulaiman UNESA.pdf

Download (53kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada matakuliah Aljabar Linier Elementer di Jurusan Matematika UNESA kelas 2003A semester gasal 2004-2005. Tindakan yang dilakukan adalah mengimplementasikan pembelajaran yang mengoptimalkan media. Penggunaan media yang dimaksud adalah: OHP, LCD dan Komputer (praktikum). Implementasi tindakan dilaksanakan dalam 7 (tujuh) siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan merancang Rencana Pembelajaran (RP), implementasi RP (proses pembelajaran), observasi, analisis dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penggunaan media membantu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, (2) kelemahan pembelajaran pada suatu siklus secara umum sudah dapat diperbaiki pada siklus berikutnya, walaupun masih ada kelemahan yang terulang pada suatu siklus, (3) dengan penggunaan media, mahasiswa merasa lebih senang, (4) penggunaan media sangat membantu dalam mengefektifkan waktu, (5) praktikum dengan menggunakan soft ware komputer menambah wawasan mahasiswa dan menambah kegairahan mahasiswa untuk memahami materi yang telah diberikan.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:18
Last Modified: 20 Jan 2015 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item View Item